Beberapa Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Karyawan Baru

Dalam dunia kerja, tak jarang karyawan baru mendapatkan perlakuan tak mengenakkan. Apalagi kalau lingkungan kerjanya sangat kompetitif bak hutan rimba. Agar kamu dapat beradaptasi dengan cepat dan terhindar dari masalah, terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan dalam minggu-minggu pertama bekerja. Penasaran apa saja? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Berikut Istilah Pada Lowongan Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui!

Untuk kemampuan

Saat awal-awal masuk kerja, cobalah untuk tidak terlalu bersemangat dalam menunjukkan kemampuan kamu kepada rekan kerja atau senior. Hal tersebut hanya akan membuat kamu terlihat sombong. Apalagi kalau perusahaan tersebut menjunjung tinggi senioritas.

Jarang menyapa

Meskipun kamu adalah orang yang pendiam atau introvert, seringlah menyapa rekan-rekan di kantor jika berpapasan. Kamu harus bisa beradaptasi dengan cepat.

Menolak tugas

Di hari-hari pertama bekerja, jangan sampai kamu berani menolak pekerjaan. Meskipun itu bukanlah tugas anda dan tidak tertera dalam job description, usahakan untuk tetap melakukannya. Ingat, kesan pertama itu sangat penting. Dengan kamu menolak pekerjaan, kamu akan dianggap tidak mau bekerja.

Pulang cepat

Langsung pulang begitu jam pulang tiba sangat tidak disarankan bagi kamu yang masih karyawan baru. Kamu hanya akan terlihat tidak betah di kantor dan ingin segera pulang. Sebisa mungkin perhatikan pola kerja di kantor agar kamu dapat terbiasa.

Mengeluh

Hindari mengeluh karena itu hanya akan membuat kamu terlihat malas dan tidak bisa diandalkan. Bukan berarti kamu tidak boleh mengeluh, namun jika masih di hari-hari pertama bekerja, simpanlah keluhan-keluhanmu.

Naik gaji

Baru kerja beberapa bulan langsung minta naik gaji? Tentu akan ditolak. Apalagi kalau kamu masih beradaptasi dengan lingkungan kerja. Sebaiknya hindari pengajuan kenaikan gaji jika masa kerjamu masih dibawah 1 tahun.

Postingan Populer