Beberapa Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Karyawan Baru
Dalam dunia kerja, tak jarang karyawan baru mendapatkan perlakuan tak mengenakkan. Apalagi kalau lingkungan kerjanya sangat kompetitif bak hutan rimba. Agar kamu dapat beradaptasi dengan cepat dan terhindar dari masalah, terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan dalam minggu-minggu pertama bekerja. Penasaran apa saja? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini.
Baca juga: Berikut Istilah Pada Lowongan Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui!
Untuk kemampuan
Saat awal-awal masuk kerja, cobalah untuk tidak terlalu bersemangat
dalam menunjukkan kemampuan kamu kepada rekan kerja atau senior. Hal tersebut
hanya akan membuat kamu terlihat sombong. Apalagi kalau perusahaan tersebut menjunjung
tinggi senioritas.
Jarang menyapa
Meskipun kamu adalah orang yang pendiam atau introvert, seringlah
menyapa rekan-rekan di kantor jika berpapasan. Kamu harus bisa beradaptasi
dengan cepat.
Menolak tugas
Di hari-hari pertama bekerja, jangan sampai kamu berani
menolak pekerjaan. Meskipun itu bukanlah tugas anda dan tidak tertera dalam job
description, usahakan untuk tetap melakukannya. Ingat, kesan pertama itu sangat
penting. Dengan kamu menolak pekerjaan, kamu akan dianggap tidak mau bekerja.
Pulang cepat
Langsung pulang begitu jam pulang tiba sangat tidak
disarankan bagi kamu yang masih karyawan baru. Kamu hanya akan terlihat tidak
betah di kantor dan ingin segera pulang. Sebisa mungkin perhatikan pola kerja di
kantor agar kamu dapat terbiasa.
Mengeluh
Hindari mengeluh karena itu hanya akan membuat kamu terlihat
malas dan tidak bisa diandalkan. Bukan berarti kamu tidak boleh mengeluh, namun
jika masih di hari-hari pertama bekerja, simpanlah keluhan-keluhanmu.
Naik gaji
Baru kerja beberapa bulan langsung minta naik gaji? Tentu akan
ditolak. Apalagi kalau kamu masih beradaptasi dengan lingkungan kerja.
Sebaiknya hindari pengajuan kenaikan gaji jika masa kerjamu masih dibawah 1
tahun.