Warna Merah Untuk Interior Rumah? Kenapa Enggak?

Warna Merah Untuk Interior Rumah? Kenapa Enggak?
Warna Merah Untuk Interior Rumah? Kenapa Enggak? - Sebagai warna primer, warna merah ternyata dapat menggambarkan suasana ceria dan gembira loh. Bahkan menurut berbagai ahli, warna merah juga dapat memacu adrenalin. Sayangnya, warna merah juga dapat melambangkan hal negatif juga. 

Salah satunya adalah kemarahan, nafsu dan juga bahaya. Tak hanya itu, warna merah juga identik dengan kekuatan, daya tahan dan juga gairah. Warna merah sendiri pertama kali ditemukan pada sebuah lukisan di gua 13B di Pinnacle Point yang terletak di garis pantai Afrika Selatan.

Menurut para ilmuwan yang meneliti situs arkeologi tersebut, masyarakat pada zaman batu dahulu menggunakan campuran tanah liat dengan pigmen berwarna untuk mewarnai tubuh mereka. Warna merah juga kerap ditemukan pada bangunan tradisional di China.

Warna Merah Untuk Interior Rumah? Kenapa Enggak?

Karakteristik warna merah

Seperti yang disebutkan tadi, warna merah identik dengan emosi atau arogansi. Maka dari itu, pemilihan warna juga harus diperhatikan karena berpengaruh terhadap mood dan perasaan seseorang.

Oleh karena itu sebagian orang memilih warna sesuai dengan kepribadian mereka. Contohnya, warna putih kerap digunakan oleh negara barat karena melambangkan kesucian. Sebaliknya, warna merah kerap digunakan oleh negara di Afrika Tengah, Jepang, dan Cina karena melambangkan keberanian dan simbol kepahlawanan.

Penggunaan warna merah sebagai interior

Warna merah sendiri terlihat menonjol meski dipadukan dengan warna lain. Nah, agar lebih sinkron dan terlihat menyatu, diperlukan trik khusus. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah tentukan dahulu sisi dinding mana saja yang akan dilapisi warna merah.

Sebaiknya ruangan yang besar dan terbuka tidak menggunakan warna merah. Anda bisa gunakan warna merah di ruangan yang lebih kecil  dan tertutup lainnya seperti ruang makan atau kamar tidur. Kemudian padukan dengan warna monokrom seperti putih atau hitam.

Warna merah dan oranye pada ruang makan ternyata dapat menambah nafsu makan loh. Itulah mengapa kebanyakan restoran atau rumah makan menggunakan warna merah atau oranye pada desain interior mereka.

Untuk kamar tidur juga cocok untuk mengaplikasikan warna merah karena dapat meningkatkan gairah dan romantisme. Namun usahakan untuk tidak membuat warna merah terlalu menonjol karena dapat memacu adrenalin sehingga sulit untuk tidur.

Postingan Populer