Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Membuat Pagar Rumah


Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Membuat Pagar Rumah - Pagar merupakan salah satu objek di rumah yang penting fungsinya. Seperti yang kita ketahui, salah satu fungsi utama pagar sendiri yakni untuk menjaga keamanan dari suatu hunian. Sayangnya sekarang banyak terdapat rumah-rumah yang tanpa pagar seperti rumah di cluster-cluster.

Rumah tanpa pagar seperti pada cluster kebanyakan memang lebih modern dan simple. Namun apabila anda ingin meminimalisir ketidakamanan rumah, sebaiknya pasanglah pagar. Nah, agar pemasangan pagar berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.


Berikut hal yang harus diperhatikan pada saat membuat pagar rumah

1. Bahan pagar

Sebelum membuat pagar rumah, pastikan dahulu bahan apa yang akan anda gunakan untuk membuat pagar. Pastikan pemilihan material pagar berkualitas agar kuat dan pastinya tahan lama. Salah satu material terbaik yang bisa anda pakai adalah bata.

Penggunaan bata sendiri banyak keunggulannya seperti tidak tembus pandang, kuat, dapat menangkal air banjir dan masih banyak lagi. Sayangnya penggunaan bata sebagai pagar juga memiliki sisi negatif seperti anda akan dicap antisosial karena seakan-akan mengurung diri dari dunia luar karena rumah yang tertutup.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa memadukan penggunaan material bata dan besi yang pastinya cukup kokoh untuk dijadikan pagar rumah.

2. Tinggi pagar

Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa semakin tinggi pagar rumah maka akan semakin aman pula rumah tersebut. Hal tersebut memang benar, namun sebaiknya anda pertimbangkan lagi karena nilai estetika dan biaya material yang pastinya akan semakin mahal juga.

Tinggi pagar yang ideal sendiri adalah kurang lebih 170cm. Nah, apabila anda memasang pagar yang terlalu rendah, hal tersebut juga dapat berbahaya karena dapat melihat langsung kedalam rumah. Apalagi rumah anda sering ditinggal kosong.

3. Daya pandang

Hal yang satu ini juga penting untuk diperhatikan. Pemilihan pagar yang daya pandangnya dapat mencapai dalam rumah lebih banyak dipilih karena penghuni bisa mengawasi siapapun yang berada di luar rumah.

Hal tersebut juga berlaku apabila rumah kemasukan maling, para tetangga juda dapat mengetahuinya. Namun, pemilihan pagar yang daya pandangnya seperti ini hanya berlaku untuk rumah yang berada di dalam komplek yang ramai. Sebaliknya, apabila rumah anda berada di komplek yang sepi dan tertutup, sebaiknya hindari pemilihan pagar jenis yang satu ini.

4. Desain pagar

Terakhir, agar keamanan semakin maksimal, jangan gunakan pagar yang berdesain horizontal. Hal tersebut untuk mencegah maling menaiki pagar rumah dengan mudah. Agar lebih aman lagi, sebaiknya buatlah 2 lapis pagar. Pagar besar yang hanya dapat dibuka dari dalam dan pagar kecil. Fungsi dari pagar besar ini untuk keluar masuk kendaraan dan pagar kecil untuk orang.


Dengan memiliki pagar yang berlapis dua, biasanya maling tidak akan memilih rumah yang seperti ini karena ribet harus membuka 2 pagar.

Postingan Populer